Senin, 21 Januari 2019

PANDUAN PENDAFTARAN BIDIKMISI 2019 Jalur SNMPTN DAN SBMPTN

APA ITU BIDIKMISI ?
Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. 

Bidikmisi bertujuan untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi; meningkatkan prestasi mahasiswa; menjamin keberlangsungan studi mahasiswa dengan tepat waktu; dan melahirkan lulusan yang mandiri, produktif serta memiliki kepedulian sosial sehingga mampu berperan dalam upaya pemutusan mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.


Penerima Bidikmisi adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 1 (satu) tahun sebelumnya; memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah dan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi. Keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali sebesar Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali sebesar Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah). Calon penerima bidikmisi wajib terdaftar pada sistem Bidikmisi dengan memasukkan NPSN dan NISN yang valid.



FASILITAS BAGI PENERIMA BIDIKMISI
  • Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk SBMPTN serta seleksi lain yang ditetapkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi. 
  • Penggantian biaya kedatangan pertama untuk pendaftar Bidikmisi yang ditetapkan sebagai penerima Bidikmisi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. 
  • Pembebasan biaya pendidikan yang dibayarkan ke perguruan tinggi. 
  • Subsidi biaya hidup sebesar Rp. 700.000,00 (tujuh ratus ribu rupiah) per bulan. 

JANGKA WAKTU PEMBERIAN BIDIKMISI
  • Program Sarjana maksimal 8 (delapan) semester; 
Program Profesi: 
  • Dokter maksimal 4 (empat) semester 
  • Dokter Gigi maksimal 4 (empat) semester 
  • Dokter Hewan maksimal 4 (empat) semester 
  • Ners maksimal 2 (dua) semester 
  • Apoteker maksimal 2 (dua) semester
PENDAFTARAN BIDIKMISI

Alur Pendaftaran

Tata cara pendaftaran Bidikmisi jalur SNMPTN dan SBMPTN, dilakukan secara online melalui laman LTMPT (https://ltmpt.ac.id/) atau laman Bidikmisi https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung.. silahkan tinggalkan jejak disini