Selasa, 13 November 2018

Apa itu Internet


INTERNET

Internet (Interconnection Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan berbagai macam situs di dunia. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia. 
keunggulan Internet dibandingkan media lain. Keunggulan tersebut, antara Iain :
    1. Komunikasi berbiaya murah.
    2. Sumber informasi besar.
    3. Tantangan baru untuk berusaha.
    4. Keterbukaan (tanpa sensor).
    5. Jangkauan yang tidak terbatas.

Sejarah Internet
Sebelum internet muncul, ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency) atau Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghindarkan terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. Jadi bila satu bagian dari sambungan network terganggu oleh serangan musuh, jalur yang melalui sambungan itu secara otomatis dipindahkan ke sambungan lainnya. Setelah itu internet digunakan oleh kalangan akademis (UCLA) untuk keperluan penelitian dan pengembangan teknologi. Kemudian pemerintah Amerika Serikat memberikan izin ke arah komersial pada awal tahun 1990. Internet mempunyai pertumbuhan yang sangat baik dan sangat pesat saat ini. Data statistik yang didapat menunjukkan hal-hal berikut
    1. Sekitar 4,8 juta host sudah terkoneksi di akhir tahun 1994.
    2. Populasi 30 juta pengguna (1995)
    3.  Pertumbuhan 10% tiap bulan.
    4. Seratus juta pengguna pada tahun 1998, diperkirakan tahun 2015 semua orang akan terhubung ke internet.
    5. E-mail mendominasi 75% hubungan bisnis.


Web Browser
Pengertian web browser atau internet browser adalah sebuah aplikasi perangkat lunak untuk melintasi, mengambil, dan menyajikan sumber informasi di World Wide Web. Sumber informasi diidentifikasi dengan Uniform Resource Identifier (URI) termasuk sebuah halaman web, gambar, video, atau bagian lain dari konten web. Pengertian Web Browser dari Segi Fungsi Tujuan utama dari web browser adalah untuk membawa sumber informasi kepada pengguna. Proses ini dimulai ketika pengguna memasukan sebuah Uniform Resource Identifier (URI), misalnya, http://anggosetiyo.com ke dalam browser
Sumber yang telah diambil web browser akan ditampilkan. HTML ditampilkan ke mesin tata letak browser, dan akan diubah dari markup ke dokumen interaktif. Selain dari HTML, web browser umumnya bisa menampilkan setiap jenis konten yang menjadi bagian dari suatu halaman web. Kebanyakan browser dapat menampilkan gambar, audio, video, dan file XML, dan sering mempunyai plug-in untuk mendukung aplikasi Flash dan applet Java. Jika menemui tipe file yang ditetapkan untuk didownload, maka browser akan meminta pengguna untuk menyimpan file ke disk. Rincian Web Browser Memahami pengertian web browser harus juga memahami tentang rinciannya. Kita semua tahu apa itu web browser seperti yang terlihat, tapi ada baiknya untuk mengetahui rincian lengkap dari berbagai bagian browser web. Bagian-bagian dari browser termasuk 

    1. Status Bar. Ini adalah kotak di bagian bawah jendela browser Anda. Status bar menampilkan segala macam informasi, tergantung pada apa yang Anda lakukan pada saat itu. Sebagian besar untuk menunjukkan kecepatan beban dan URL dari alamat yang sedang ditunjuk oleh mouse.
    2. Address Bar. Ini adalah kotak di bagian atas jendela browser Anda yang menampilkan seluruh URL atau alamat situs web.
    3. Title Bar. Bar judul ada di bagian paling atas jendela browser Anda. Anda akan melihat judul halaman web di sana, misalnya, Anda akan melihat http://www.anggosetiyo.com ” ketika Anda membuka situs http://www.anggosetiyo.com
    4. Toolbar Ikon. Toolbar dan ikon perusahaan browser yang ada di bagian atas kanan jendela browser Anda, di bawah Title Bar. Di sinilah Anda akan melihat tombol Back, tombol Home, tombol Refresh, dll.
    5. Display Window. Jendela Display hanyalah istilah mewah untuk ruang kerja browser Anda. Ini berupa frame di mana Anda melihat halaman website.
    6. Scroll Bar. Jika ketika Anda membuka situs web dan Anda harus “scroll ke bawah” untuk membaca sesuatu, maka Anda telah menggunakan scroll bar.

Macam-Macam Web Browser 
    1. Microsoft Internet Explorer. Sebagian besar pengguna internet menggunakan Internet Explorer karena mudah digunakan dan sebagian besar situs web yang ditulis dengan Internet Explorer, yang berarti bahwa mereka lebih kompatibel.
    2. Opera. Opera merupakan browser populer yang mudah digunakan, namun memiliki beberapa masalah kompatibilitas dengan berbagai situs.
    3. Mozilla Firefox. Firefox adalah web browser yang cukup cepat dalam memperoleh pengguna. Ia berada di belakang Internet Explorer karena memiliki tabbed browsing, fitur keamanan superior, dan akses yang cepat.
    4. Google Chrome. Google Chrome adalah web browser Milik Googledan  menawarkan desain minimal dan ‘teknologi canggih’, untuk membuat akses lebih cepat, aman, dan mudah.
    5. Mac Safari. Khusus untuk pengguna Mac, Safari adalah pilihan yang sangat baik untuk sebuah web browser. Safari berkemampuan akses cepat dan kompatibilitas yang baik
Menyimpan Halaman Internet
1.        Download
Download adalah proses pengambilan informasi berupa file, data atau program yang disediakan oleh sebuah situs web dan menyimpannya ke dalam komputer. Tipe file hasil download biasanya berupa .pdf (dari aplikasi Acrobat Reader), .ppt (dari aplikasi PowerPoint), .doc (dari aplikasi Ms Word), .htm atau .html dari file HTML, dan lain sebagainya. Ada pula file-file hasil download berupa gambar yang mempunyai format data JPG, JPEG, TIFF, GIF, dan lain sebagainya. Secara Umum : Langkah-langkah men-download file dari internet:
  • Perhatikan terlebih dahulu link atau ikon dalam halaman web. Link itu akan mengarah pada file baik itu fille data maupun program.
  • Klik link atau ikon tersebut.
  • Selanjutnya akan muncul kotak dialog File Download. Klik tombol Save untuk mulai men-download.
  • Kotak dialog Save As akan muncul. Ketik nama tile yang diinginkan, lalu klik Save.
2.        Menyimpan File Halaman Web
Untuk menyimpan data di situs yang sedang terbuka bisa dilakukan dengan 3 cara :
  1. Simpan ke hard disk dengan meng-klik menu File, Save As (dan dipilih folder untuk penyimpanan) dan Save (dan anda bisa membukanya kembali di rumah/rental sesuai dengan aslinya). Ini bertujuan agar halaman web tersebut dapat dibuka kembali tanpa melakukan koneksi ke internet (work offline).
  1. Bila anda hanya membutuhkan text-nya saja dan imagenya nggak perlu (file yang dihasilkan dengan penyimpanan cara (1) sangat besar) maka anda bisa mengambil teksnya saja dengan cara : High light (sorot) text-nya copy (Ctrl+C) dan pastekan (Ctrl+V) di Ms Word.
  2. Bila anda seorang programmer komputer yang menginginkan program asli dari tampilan website tsb. Klik kanan teks tsb, akan muncul Menu Pop Up Buka kode html-nya dengan klik View Source Code Akan muncul pada NotePad, kemudian simpan filenya dengan : File , Save, Pada file name, ganti extension file txt dengan htm.

Menyetak Halaman Internet Halaman web dapat Iangsung dicetak dengan Iangkah sebagai berikut.
    1. Pilih menu File pada menubar kemudian klik Print.
    2. Setelah itu akan tampil kctak dialog Print
    3. Pilih jenis printer yang akan digunakan pada Select Printer serta jumlah dan halaman yang akan dicetak pada Page Range.
    4. Kemudian klik Print. Untuk mengantisipasi kesalahan cetak, lihat file hasil cetakan di Iayar terlebih dahulu sebelum Hle tersebut dicetak ke printer. Langkahnya-langkah adalah sebagai berikut.
    5. Pilih menu File pada menubar
    6. Kemudian klik Print Preview
    7. Setelah itu akan tampil hasil cetakan dalam Iayar yang ditampilkan per halaman. Apabila tampilan cetakan pada Iayar itu sesuai dengan harapan, klik tombol Print untuk mulai mencetak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung.. silahkan tinggalkan jejak disini