Rabu, 28 Februari 2018

Gajian Pertama dari Google Adsense

Saat itu saya belum paham apa itu google adsense. setau saya youtube hanya sebagai web berbagi vidio saja. sehingga saya upload vidio seadanya saja. saya bergabung di youtube sejak tahun 2010 lalu. saat itu internet belum secepat sekarang ya. mau dapat wifi-an aja kita harus ke kampus atau ke tempat tongkrongan yang menyediakan free wifi, itupun harus beli "sesuatu" dulu untuk mendapatkan kode akses.



nah, beberapa waktu lalu saya dengar dari teman-teman, kita bisa dapat "sesuatu" dari youtube, dengan bekal seadanya saya mencoba dan terus mencoba, saya upload beberapa vidio ke youtube. namun vidio saya di putar  tanpa ada "uang" yang datang. saya terus mencoba mencari tahu bagaimana cara dapat uang dari youtube. ternyata saya belum mendaftar sebagai youtube phatner, ya itu adalah layanan google untuk kita sebagai creator, menghubungkan akun youtube ke akun Google adsense.

kemudian saya coba register ke google adsense, dan saat itu penayangan vidio saya di youtube belum mencapai 10.000 x tayang. sehingga permohonan saya ditolak mentah2 oleh google. waktu itu awal tahun 2017,  saya berfikir apa ya vidio yang mungkin akan sering ditonton?, akhirnya saya membuat konten tutorial , dan akhirnya tembus juga 10.000 x tayang. dan saya mengajukan pendaftaran lagi di akun google adsense. dan kabar baiknya akun saya di terima.. horeeee...

dengan penuh senyuman saya membaca email dari google.. dan sejak itu saya lebih bersemangat membuat konten di youtube.  singkat cerita pada akhir tahun 2017 saya mendapat email dari google terkait peraturan baru yang akan diterapkan google youtube 2018 yaitu chanel yang bisa menayangkan iklan adalah yang telah memiliki 1000 subriber dan tayang 4000 jam dalam 1 tahun terakhir. dengan penuh cemas saya bingung menganggapi email itu. karena saat itu jumlah sub saya baru mencapai 600 an .. tapi yang membuat saya lega jumlah penayangan sudah mencapai 4000 jam lebih.

Jumlah Subribe 1000 +m
dengan semangat saya terus mencari target sub, dengan cara jalan2 ke chanel teman dan minta sub balik. gabung di grub creator  youtube untuk mendapat sub 1000, dan akhirnya pada akhir januari 2018 jumlah sub saya mencapai 1000. horeee lagi ya..



kabar gembiranya lagi adalah pada tanggal 21 Feruari 2018 saya dapat email dari google adsense, bahwa dia telah mengirim pembayaran ke rekening saya, karena telah melewati batas penarikan... senang dan campur aduk saya rasakan saat itu.
email dari Google


lalu saya cek mutasi rekening, dan apa yang terlihat, ternyata belum ada uang masuk dari google. saya sudah tidak percaya lagi kenapa uang belum masuk. akhirnya saya tanya ke grub WA Creator youtube, kenapa uang belum masuk? ada salah satu anggota grub yang menjawab " biasanya 2 harian gan masuk ke rek" wah dengan senyum saya membaca pesan itu.




Mutasi Rekening BCA
dan tanggal 22 Februari 2018 akhirnya mendarat juga uang dari google. teriamakasih google atas Rupiah yang di kirim ke rek saya. itulah cerita singkat pertama kali saya mendapat gaji dari google youtube

2 komentar:

  1. Mantap gan smongga sukses trusss
    Pada kawan2 juga batu subcribenya
    Baru pemula

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung.. silahkan tinggalkan jejak disini